Minggu, 04 November 2012

BAB 4 Analisis dan Pembahasan


BABIV
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
IV.I Hasil penelitian
Bengkel Pak’E adalah salah satu usaha bengkel motor yang dalam service motor sudah termasuk yang bagus dan menjamin dalam kualitas service motornya. Kenapa diberi nama Bengkel Pak’E karena pemilik usaha bengkel tersebut sering dipanggil Pak’E, maka diberi nama seperti pemiliknya agar mudah diingat oleh pelanggan setianya.
Dalam memberikan service motor, bengkel ini dikelola oleh 1 keluarga yaitu Pak’E nya sendiri , istrinya , dan 2 orang anaknya . Yang dalam memberikan pelayanan service mereka juga sangat ramah dan baik hati. Sehingga mendatangkan pelanggan yang kebanyakan anak muda untuk mengservice motor mereka.
Sekarang saya akan meneliti pada service motor yang diberikan oleh Bengkel Pak’E selama 4 minggu, pada berapa banyak motor atau pelanggannya yang bertambah atau berkurang, dan juga merasa puas atau tidak terhadap service motor yang diberikan Bengkel Pak’E.
Service MotorMinggu IMinggu IIMinggu IIIMinggu IVTotal
Frekuensi (Motor)49354238164
Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa service motor setiap minggu mengalami penurunan atau penaikan jumlah motor. Diminggu pertama banyak karena para pekerja baru mendapat gaji atau bisa disebut juga awal bulan dan banyak juga yang mau service motornya agar lebih baik lagi. Setelah diminggu berikutnya terjadi penurunan karena tidak setiap motor harus diservice tiap hari atau tiap minggu. Setelah di minggu ke tiga mulai terjadi peningkatan, yang biasanya juga faktor keuangan atau gaji dan juga pada saat weekend banyak juga yang datang untuk memperbagus motor, karena untuk jalan-jalan keluarga atau anak muda untuk trek-trekan. Dan pada minggu terakhir terjadi karena tidak terlalu banyak motor yang datang untuk service, biasanya hanya menambah angin pada ban motor atau sebagainya.
IV.II Analisis dan Pembahasan
Service MotorMinggu IMinggu IIMinggu IIIMinggu IVTotal
Frekuensi (Motor)49354238164
Jawab : n : 4             Fo1 : 49        Fo3 : 42
             α : 0,05        Fo2 : 35        Fo4 : 38
a .Menentukan hipotesis nol dan hipotesis alternatif
Ho : Jumlah motor yang service di Bengkel Pak’E selama 4 minggu merasa puas .
Ha : Jumlah motor yang service di Bengkel Pak’E selama 4 minggu tidak merasa puas .
b.Menetapkan tingkat signifikan dan derajat bebas
α : 5% : 0,05
db : k – m – 1
     : 4 -0 – 1
     : 3
c.Menentukan nilai kritis
X: ( α : db )
     : ( 0,05 : 3 )
     : 7,815
d.Menentukan nilai hitung
Fe : Jumlah data / banyak kolom
     : 164 / 4
     : 41
Rumus : X2 = ∑ (fo-fe)2
                              fe 

FoFe(Fo-Fe)(Fo-Fe)2(Fo-Fe)2/Fe
49418641,561
3541-6360,878
4241110,024
3841-390,219
∑ = 2,682
e.Membuat keputusan
 terima Ho , tolak Ha
f.Membuat keputusan
Karena Xhitung adalah 2,682 lebih kecil dari nilai kritis (Xtabel) adalah 7,815 maka kita terima Ho, yang menyatakan motor yang service di Bengkel Pak’E selama 4 minggu merasa puas .

BAB 3 Metode Penelitian


BAB III
METODE PENELITIAN
III.I Objek penelitian
Adapun yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini adalah “BENGKEL PAK’E”, sebuah usaha yang bergerak di bidang montir. Dalam penulisan kali ini, objek penelitian dikhususkan pada pelayanan service motor yang diberikan “Bengkel PAK’E” .
III.II Metode Pengambilan Data
Dalam penulisan ini digunakan Studi Lapangan yaitu pengumpulan data informasi primer langsung dari objek penelitian. adapun cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Observasi, yaitu pengamatan langsung pada usaha “Bengkel PAK’E” .
  • Wawancara, yaitu pengumpulan informasi secara langsung dari pihak-pihak yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas pada penulisan ini .
III.III Variabel Penelitian
Dengan menggunakan uji kecocokan karena hanya terdapat 1 baris
  • Ho : ada hubungan
  • Ha : tidak ada hubungan
III.V Model Penelitian
  • Hipotesis
Ho = Jumlah motor yang service di Bengkel Pak’E merasa puas
Ha = Jumlah motor yang service di Bengkel Pak’E tidak merasa puas
  • Alat analisis
Dalam penulisan ini menggunakan metode analisis deskriptif dimana menggunakan alat bantu uji chi square (X2) dalam pengukuran variabel-variabelnya. Dalam masalah ini, diketahui level of signif. = 5% atau 0,05 dan syarat X2-tabel > X2-hitung maka Ho diterima , jika X2-tabel < X2-hitung maka Ha diterima. Berikut adalah rumusnya :
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
                                    fe                         
Ket : X2 = Chisquare
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 5% = 0,05

Bab 2. Tujuan dan Manfaat Penelitian

BAB II
TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN


II.I  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dalan penelitian yang kita cermati dalam "BENGKEL PAK'E" , yaitu seberapa banyak konsumen yang datang agar kita bisa tahu berapa banyak konsumen yang dateng tiap harinya ataupun tiap minggunya yang datang dan berapa banyak konsumen yang puas dalam pelayanan yang diberikan oleh BENGKEL PAK'E

II.II Manfaat Penelitian

Manfaat dalam penelitian ini jadi kita bisa tahu bagaimana cara merubah pelayanan yang diberikan oleh BENGKEL PAK'E apa bila pelayanan bengkel tersebut tidak puas dan apabila konsumen sudah puas maka bengkel tersebut harus mengembangkan pelayan yang diberikan agar konsumen tambah merasa puas agar bisa datang kembali.



Senin, 22 Oktober 2012

BAB 1 Pendahuluan


Tema : Kepuasan Konsumen 
Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Service Motor Pada “Bengkel PAK’ E”
BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan dunia otomotif di Indonesia sangat pesat,  khususnya kendaraan bermotor dan merupakan salah satu alternatife untuk menghindar dari kemacetan. Maka dari itu motor juga memerlukan perawatan sehingga banyak kalangan yang mendirikan bengkel untuk mengservice segala bentuk kendaraan bermotor.
Dengan mempunyai keahlian dan keterampilan yang dimiliki masing-masing orang, sebagian besar banyak orang yang punya keahlian dalam urusan memperbaiki kendaraan yang biasa disebut juga montir . Maka dari itu untuk menyalurkan keahlian, sekarang sudah banyak sekali orang-orang mendirikan  bengkel di setiap atau di sudut jalan . 
Selain itu kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama untuk mendongkrak keuntungan yang di miliki oleh setiap usaha bengkel.  Karena sering kali terjadi  banyak  usaha-usaha bengkel yang menghalalkan segala cara untuk menaikkan laba usahanya , ada yang dengan cara melempar paku payung, merubah setelan motor dsb, agar pelanggannya balik lagi .
Maka dari itu kita juga sebagai konsumen harus bisa memilih bengkel yang menjamin kepuasan pelanggannya . Dan menjamin mutu atau kualitas yang diberikan oleh bengkel tersebut .
I.II Rumusan Masalah
Apakah pelanggan merasa puas terhadap service motor yang diberikan oleh “Bengkel PAK’E” ?
I.III Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang diberikan oleh bengkel “ PAK ‘ E ”.
I.IV Kerangka Pemikiran
Kepuasan pelanggan dalam usaha perbengkelan menjadi prioritas utama untuk menaikkan keuntungan usahanya. Dalam penulisan ini , kepuasan pelanggan akan ditentukan oleh dua variabel yaitu pelayanan terhadap service motornya dan kualitas yang diberikan oleh bengkel

Review Jurnal (ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN PADA BENGKEL AHASS PT.MURNI PUTRA MAS)


☺ Tema : “Analisis Kepuasan Konsumen”
☺ Judul : “ ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN PADA BENGKEL AHASS PT.MURNI PUTRA MAS”
☺ Pengarang : Guntur Mahardika
☺ Tahun : 2010

☺ Latar Belakang & Masalah :

Perkembangan dunia otomotif dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat. Banyak merek kendaraan bermotor bermunculan guna bersaing merebut pangsa pasar pengguna otomotif. Dewasa ini banyak sekali bengkel bermunculan dan hampir diseluruh sudut jalan dapat kita temui dengan mudah.
Dalam hal ini meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka meningkat pula kebutuhan pelanggan akan jasa perbaikan body kendaraan tersebut.

☺ Tujuan Penelitian :
1. Untuk mengetahui apakah pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh AHASS PT.MURNI PUTRA MAS .
2. Untuk mengetahui jaminan alternative kepada pihak manajemen AHASS PT.MURNI PUTRA MAS

☺ Metodologi :
- Variabel : Ditinjau dari kualitas spare part, harga dari spare part, fasilitas yang diberikan, dan pelayanan yang diberikan.
- Data : Data Primer, bentuknya : Kuisioner
- Tahapan Penelitian :
- Pengumpulan data berdasarkan Wawancara, Observasi, Survei
- Uji hipotesis dengan menggunakan Metode Skala Likert & Uji Chisquare
- Tahapan Penelitian : Menggunakan Matematis dan Gambar
Matematis :
Metode Skala Likert :
NIK = Nilai Bobot
∑ Kategori Penilaian
Ket : NIK = Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot = Kategori Penilaian x Bobot mesing-masing
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
Fe
Ket : X2 = Chi Square Hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1

☺ Hasil & Kesimpulan :
Berdasarkan hasil analisa diatas, maka dari observasi terhadap 50 responden pada bengkel AHASS PT.MURNI PUTRA MAS didapat bahwa dari hasil Chi Square hitung (32,89) > dari X2 tabel (23,54), maka tolak Ho dan terima Ha. Jadi konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan dan jaminan yang diberikan oleh AHASS PT.MURNI PUTRA MAS adalah memberikan jaminan asuransi / garansi servis selama 1 minggu.

☺ Saran & Usulan lanjutan :
Meskipun kinerja karyawan yang telah diberikan oleh pelanggan sudah dikatakan baik dan pelanggan puas, diharapkan para montir dan petugas lainnya dalam bekerja tetap mempertahankan dan meingkatkan kinerja yang dijalankan.
Usulan lanjutan : Bila hal ini dilakukan dengan baik, maka diprediksikan bahwa jumlah pelanggan pada bengkel AHASS PT.MURNI PUTRA MAS akan bertambah.

Review Jurnal(ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL OTTO RADOSI DI CIMANGGIS DEPOK)


☺ Tema : “Analisis Kepuasan Konsumen”
☺ Judul : “ ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA           BENGKEL OTTO RADOSI DI CIMANGGIS DEPOK”
☺ Pengarang : Yayu Astri
☺ Tahun : 2009

☺ Latar Belakang & Masalah :
Sebagaimana kita ketahui bahwa pesatnya laju pembangunan juga memacu perkembangan industri dinegara kita. Untuk meningkatkan daya saing perusahaan dipasaran, maka pimpinan perusahaan dituntut bekerja keras dan melaksanakan kegiatan perusahaan secara efektif dan efisien.
Jumlah pelanggan sangat besar pengaruhnaya terhadap kelangsungan hidup perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan jasa. Dan kepuasan konsumen sangat diprioritaskan. Karena jika konsumen puas maka akan meningkatkan laba dan citra perusahaan.
☺ Tujuan Penelitian : 
Untuk mengetahui bagaimana tingakat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada bengkel OTTO RADOSI terhadap dimensi Tangibles (Sarana fisik), Reability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tangkap), Assurance (Kepastian), Emphaty(Perhatian).

☺ Metodologi :
- Variabel : Melakukan pengamatan berdasarkan 5 dimensi kualitas jasa, yaitu : - Keandalan
- Keresponsifan
- Keyakinan
- Empati
- Berwujud
- Data : Data Primer, bentuknya : Kuisioner & Observasi
- Tahapan Penelitian :
- Pengumpulan data berdasarkan Kuisioner & Observasi
- Uji hipotesis dengan menggunakan Metode Skala Likert & Uji Chisquare
- Tahapan Penelitian : Menggunakan Matematis
Metode Skala Likert :
NIK = Nilai Bobot
∑ Kategori Penilaian
Ket : NIK = Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot = Kategori Penilaian x Bobot mesing-masing
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
Fe
Ket : X2 = Chisquare Hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1

☺ Hasil & Kesimpulan :
Berdasarkan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa dari 50 responden menyatakan puas. Dengan demikian bengkel OTTO RADOSI telah berhasil melayani para pelanggan yang mengservice kendaraan meraka di bengkel. Berdasarkan hasil perhitungan Chi Square maka dapat diketahui bahwa konsumen merasa puas, karena hasil X2 hitung 33,36 > daripada nilai X2 tabel sebesar 28,412 dimana hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.

☺ Saran & Usulan Lanjutan :
Perusahaan harus lebih meningkatkan dan mempertahankan atribut-atribut yang dirasa sudah baik agar pelanggan selalu merasa puas, sehingga dapat menarik pelanggan untuk mengservice kendaraan mereka di bengkel OTTO RADOSI yang pada akhirnya akan meningkatkan laba & citra perusahaan.
Usulan Lanjutan : Bila hal ini tetap dijalankan dengan baik maka diprediksikan bahwa pelanggan pada perusahaan akan bertambah dan menimbulkan kepuasan konsumen.

Review Jurnal (ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL ALL BACK SAUYUNAN MOTOR)


☺ Tema : “Analisis Kepuasan Konsumen”
☺ Judul : “ ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL ALL BACK SAUYUNAN MOTOR”
☺ Pengarang : Kurniawan Wijayanto
☺ Tahun : 2008


☺ Latar Belakang & Masalah :
Dewasa ini perkembangan dunia otomotif di Indonesia sangat pesat, khususnya kendaraan bermotor dan merupakan salah satu alternatife untuk menghindar dari kemacetan. Maka dari itu motor juga memerlukan perawatan sehingga banyak kalangan yang mendirikan bengkel untuk mengservice segala bentuk kendaraan bermotor.
Dalam kondisi persaingan hal utama yang diprioritaskan oleh bengkel adalah kepuasan konsumen.
☺ Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari segi pelayanan yang diberikan bengkel ALL BACK SAUYUNAN Motor.

☺ Metodologi :
- Variabel : Melakukan pengamatan berdasarkan 5 dimensi kualitas jasa, yaitu : – Keandalan
- Keresponsifan
- Keyakinan
- Empati
- Berwujud
- Data : Data Primer, bentuknya : Kuisioner & Observasi
- Tahapan Penelitian :
- Pengumpulan data berdasarkan Kuisioner & Observasi
- Uji hipotesis dengan menggunakan Metode Skala Likert & Uji Chisquare
- Tahapan Penelitian : Menggunakan Matematis
Metode Skala Likert :
NIK = Nilai Bobot
∑ Kategori Penilaian
Ket : NIK = Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot = Kategori Penilaian x Bobot mesing-masing
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
Fe
Ket : X2 = Chisquare hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1

☺ Hasil & Kesimpulan :
 Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap bengkel ALL BACK SAUYUNAN motor melalui kuisioner yang dibagikan, maka disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dilihat dari segi pelayanan yang diberikan bengkel terhadap pelanggan malalui 5 dimensi yang secara keseluruhan konsumen dinyatakan puas, karena dari perhitungan chi kuadrat , rata-rata chi kuadrat lebih besar dari chi kuadrat table yang memiliiki nilai sebesar 9,48.

☺ Saran & Usulan lanjutan :

Disarankan kepada bengkel ALL BACK SAUYUNAN motor agar tetap meningkatkan pelayanan dengan cara lebih memperhatikan kebutuhan pelanggan dan keluhan pelanggan yang merasa kurang puas.