☺ Tema : “Analisis Kepuasan Konsumen”
☺ Judul : “ ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL ALL BACK SAUYUNAN MOTOR”
☺ Pengarang : Kurniawan Wijayanto
☺ Tahun : 2008
☺ Judul : “ ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL ALL BACK SAUYUNAN MOTOR”
☺ Pengarang : Kurniawan Wijayanto
☺ Tahun : 2008
☺ Latar Belakang & Masalah :
Dewasa ini perkembangan dunia otomotif di Indonesia sangat pesat, khususnya kendaraan bermotor dan merupakan salah satu alternatife untuk menghindar dari kemacetan. Maka dari itu motor juga memerlukan perawatan sehingga banyak kalangan yang mendirikan bengkel untuk mengservice segala bentuk kendaraan bermotor.
Dalam kondisi persaingan hal utama yang diprioritaskan oleh bengkel adalah kepuasan konsumen.
☺ Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari segi pelayanan yang diberikan bengkel ALL BACK SAUYUNAN Motor.
☺ Metodologi :
- Variabel : Melakukan pengamatan berdasarkan 5 dimensi kualitas jasa, yaitu : – Keandalan
- Keresponsifan
- Keyakinan
- Empati
- Berwujud
- Data : Data Primer, bentuknya : Kuisioner & Observasi
- Tahapan Penelitian :
- Pengumpulan data berdasarkan Kuisioner & Observasi
- Uji hipotesis dengan menggunakan Metode Skala Likert & Uji Chisquare
- Tahapan Penelitian : Menggunakan Matematis
Metode Skala Likert :
NIK = Nilai Bobot
∑ Kategori Penilaian
Ket : NIK = Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot = Kategori Penilaian x Bobot mesing-masing
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
Fe
Ket : X2 = Chisquare hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1
Fe
Ket : X2 = Chisquare hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1
☺ Hasil & Kesimpulan :
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap bengkel ALL BACK SAUYUNAN motor melalui kuisioner yang dibagikan, maka disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dilihat dari segi pelayanan yang diberikan bengkel terhadap pelanggan malalui 5 dimensi yang secara keseluruhan konsumen dinyatakan puas, karena dari perhitungan chi kuadrat , rata-rata chi kuadrat lebih besar dari chi kuadrat table yang memiliiki nilai sebesar 9,48.
☺ Saran & Usulan lanjutan :
Disarankan kepada bengkel ALL BACK SAUYUNAN motor agar tetap meningkatkan pelayanan dengan cara lebih memperhatikan kebutuhan pelanggan dan keluhan pelanggan yang merasa kurang puas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar