☺ Tema : “Analisis Kepuasan Konsumen”
☺ Judul : “ ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL OTTO RADOSI DI CIMANGGIS DEPOK”
☺ Pengarang : Yayu Astri
☺ Tahun : 2009
☺ Judul : “ ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL OTTO RADOSI DI CIMANGGIS DEPOK”
☺ Pengarang : Yayu Astri
☺ Tahun : 2009
☺ Latar Belakang & Masalah :
Sebagaimana kita ketahui bahwa pesatnya laju pembangunan juga memacu perkembangan industri dinegara kita. Untuk meningkatkan daya saing perusahaan dipasaran, maka pimpinan perusahaan dituntut bekerja keras dan melaksanakan kegiatan perusahaan secara efektif dan efisien.
Jumlah pelanggan sangat besar pengaruhnaya terhadap kelangsungan hidup perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan jasa. Dan kepuasan konsumen sangat diprioritaskan. Karena jika konsumen puas maka akan meningkatkan laba dan citra perusahaan.
Jumlah pelanggan sangat besar pengaruhnaya terhadap kelangsungan hidup perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan jasa. Dan kepuasan konsumen sangat diprioritaskan. Karena jika konsumen puas maka akan meningkatkan laba dan citra perusahaan.
☺ Tujuan Penelitian :
Untuk mengetahui bagaimana tingakat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada bengkel OTTO RADOSI terhadap dimensi Tangibles (Sarana fisik), Reability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tangkap), Assurance (Kepastian), Emphaty(Perhatian).
☺ Metodologi :
- Variabel : Melakukan pengamatan berdasarkan 5 dimensi kualitas jasa, yaitu : - Keandalan
- Keresponsifan
- Keyakinan
- Empati
- Berwujud
- Data : Data Primer, bentuknya : Kuisioner & Observasi
- Tahapan Penelitian :
- Pengumpulan data berdasarkan Kuisioner & Observasi
- Uji hipotesis dengan menggunakan Metode Skala Likert & Uji Chisquare
- Tahapan Penelitian : Menggunakan Matematis
Metode Skala Likert :
NIK = Nilai Bobot
∑ Kategori Penilaian
Ket : NIK = Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot = Kategori Penilaian x Bobot mesing-masing
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
Fe
Ket : X2 = Chisquare Hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1
Fe
Ket : X2 = Chisquare Hitung
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 10% = 0,1
☺ Hasil & Kesimpulan :
Berdasarkan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa dari 50 responden menyatakan puas. Dengan demikian bengkel OTTO RADOSI telah berhasil melayani para pelanggan yang mengservice kendaraan meraka di bengkel. Berdasarkan hasil perhitungan Chi Square maka dapat diketahui bahwa konsumen merasa puas, karena hasil X2 hitung 33,36 > daripada nilai X2 tabel sebesar 28,412 dimana hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.
☺ Saran & Usulan Lanjutan :
Perusahaan harus lebih meningkatkan dan mempertahankan atribut-atribut yang dirasa sudah baik agar pelanggan selalu merasa puas, sehingga dapat menarik pelanggan untuk mengservice kendaraan mereka di bengkel OTTO RADOSI yang pada akhirnya akan meningkatkan laba & citra perusahaan.
Usulan Lanjutan : Bila hal ini tetap dijalankan dengan baik maka diprediksikan bahwa pelanggan pada perusahaan akan bertambah dan menimbulkan kepuasan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar