Minggu, 04 November 2012

BAB 3 Metode Penelitian


BAB III
METODE PENELITIAN
III.I Objek penelitian
Adapun yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini adalah “BENGKEL PAK’E”, sebuah usaha yang bergerak di bidang montir. Dalam penulisan kali ini, objek penelitian dikhususkan pada pelayanan service motor yang diberikan “Bengkel PAK’E” .
III.II Metode Pengambilan Data
Dalam penulisan ini digunakan Studi Lapangan yaitu pengumpulan data informasi primer langsung dari objek penelitian. adapun cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Observasi, yaitu pengamatan langsung pada usaha “Bengkel PAK’E” .
  • Wawancara, yaitu pengumpulan informasi secara langsung dari pihak-pihak yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas pada penulisan ini .
III.III Variabel Penelitian
Dengan menggunakan uji kecocokan karena hanya terdapat 1 baris
  • Ho : ada hubungan
  • Ha : tidak ada hubungan
III.V Model Penelitian
  • Hipotesis
Ho = Jumlah motor yang service di Bengkel Pak’E merasa puas
Ha = Jumlah motor yang service di Bengkel Pak’E tidak merasa puas
  • Alat analisis
Dalam penulisan ini menggunakan metode analisis deskriptif dimana menggunakan alat bantu uji chi square (X2) dalam pengukuran variabel-variabelnya. Dalam masalah ini, diketahui level of signif. = 5% atau 0,05 dan syarat X2-tabel > X2-hitung maka Ho diterima , jika X2-tabel < X2-hitung maka Ha diterima. Berikut adalah rumusnya :
Uji Chisquare = X2 = ∑ (fo-fe)2
                                    fe                         
Ket : X2 = Chisquare
Fo = Frekuensi Observasi
Fe = Frekuensi Harapan
Tingkat signifikan = α = 5% = 0,05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar